Skenario Masa Depan

Keputusan investasi, bisnis, dan perencanaan masa depan merupakan suatu hal yang terlihat mudah, namun sesungguhnya sangat sulit dilakukan. Hal ini dikarenakan kompleksitas membuat masa depan jadi tidak dapat diprediksi.

Biasanya, pengambil keputusan akan bergantung pada forecast atau proyeksi. Namun demikian, alat-alat ini memiliki banyak kelemahan. Beberapa diantaranya adalah, menggunakan dasar informasi saat ini dan masa lalu, dan hanya memperhatikan beberapa faktor parameter saja. Sehingga, forecast cenderung menghasilkan masa depan yang polanya serupa dengan saat ini.

Padahal, masa depan merupakan berbagai kemungkinan. Bisa jadi saat ini dan masa depan berbeda jauh.

Dulu, tidak ada yang tahu jika 2020 akan menjadi seperti sekarang. WFH, videoconference, physical distancing, cuci tangan, pakai masker, dan lain sebagainya. Dapat dibilang, jika penyebab Covid adalah orang di Cina makan sup kelelawar, maka satu kejadian ini berdampak sistemik hingga menyebabkan maskapai penerbangan bangkrut, banyak karyawan di PHK, kilang minyak ditutup permanen, hingga anak sekolah dari rumah.

Lalu, jika masa depan sulit diprediksi dan kompleksitas selalu berperan dalam mempengaruhi masa depan. Bagaimana cara pengambilan keputusan bisnis atau investasi yang paling tepat?

Tidak ada cara yang paling tepat, namun skenario planning dapat digunakan sebagai alat untuk memecah bias dan heuristic dalam pengambilan keputusan, dan membantu pengambil keputusan untuk berpikir secara sistem.

Bagaimana skenario planning dilakukan? Bagaimana pengambilan keputusan jangka panjang dilakukan agar keputusan menjadi lebih baik?

Hubungi kami untuk berdiskusi lebih lanjut. Kami akan membantu anda melakukan scenario planning dan wind tunelling rencana masa depan anda.

Salam,

Tim RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *