Visualisasi dalam Sistem Informasi Akuntansi

Kali ini saya ingin sharing mengenai pentingnya visualisasi informasi keuangan.

Laporan Akuntansi yang dihasilkan dari Sistem Informasi Akuntansi tidak banyak bermanfaat untuk keperluan manajemen internal. Bayangkan saja, manajemen internal terdiri dari berbagai macam fungsi yang fokus dengan berbagai permasalahannya. Ada bagian produksi, ada bagian pemasaran, ada bagian HRD. Tidak semuanya memahami keuangan, tetapi semuanya harus bertindak untuk tujuan keuangan.

Jika manajemen non-keuangan dijejali terlalu banyak informasi keuangan, bisa jadi mereka akan mengalami information overload (suatu situasi ketika terlalu banyak informasi yang disajikan dan individu tidak lagi mengetahui informasi mana yang penting). Dalam kondisi semacam ini, kemungkinan besar manajemen non-keuangan akan melewatkan informasi keuangan dan kembali fokus ke informasi di bidangnya masing-masing.

Setiap hal dalam bisnis bisa jadi masalah jika kita mempermasalahkannya. Namun, manajemen yang baik adalah manajemen yang mampu memilih dan memilah mana masalah yang paling penting, untuk kemudian dikomunikasikan ke manajemen lainnya. Di sinilah peran penting visualisasi informasi.

Selain memilih dan memilah informasi, fungsi keuangan harus dapat menyajikan informasi keuangan secara ringkas dan tepat, dengan dilengkapi visualisasi dalam media yang tepat. Sebagai contoh dashboard, slide-slide ringkas, atau laporan ringkas semacam executive summary.

Visualisasi informasi harus dapat membantu pembaca informasi untuk dapat memahami informasi secara cepat dan tepat. Misalnya, dengan membaca suatu jenis grafis, manajemen bisa langsung melihat korelasi antar variabel. Contoh lainnya, dengan membaca suatu jenis grafis, manajemen bisa langsung melihat kekuatan dan kelemahan bisnis.

Saat ini sudah banyak tools di luar sana yang bisa membantu visualisasi informasi akuntansi. Bahkan mempercepat proses olah data dan pelaporan menggunakan sistem query terstruktur dan terpola. Tool yang paling sering saya gunakan adalah Microsoft Power BI, Power Query, dan Power Pivot.

Jika ada pertanyaan silakan tinggalkan komentar atau hubungi via grup Whatsapp.

Salam,

Yohanes Handoko Aryanto, SE., MBA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *